Sebuah Situs Unik di Gunung Gajah Mungkur, Bisa Menghembuskan Angin Dari Celah Gua

Jakarta - Mengulik tentang sejarah Indonesia tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Hampir di setiap penjuru dan pulau Indonesia memiliki kisah sejarah tersendiri. Keunikan dari setiap sejarah tentunya memiliki bukti-bukti, baik berupa cerita, bukti tertulis hingga situs purbakala.

Bukti sejarah tersebut dapat ditemukan di beberapa tempat tidak terkecuali tersembunyi di balik hutan belantara. Terletak di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, ditemukan situs aneh yang terletak di kawasan Gunung Gajah Mungkur.

Situs ini berupa bebatuan alam berlumut yang menumpuk dan terdapat rongga di antaranya yang mengeluarkan hembusan angin. Lebih dalam, formasi batuan ini berongga hingga jauh ke dalam tanah. Pemilik akun Youtube Megaluh TV Channel menjelaskan, situs unik ini merupakan celah dari gua yang terdapat di bawah tanah yang dipijak.

"Ini saya coba dengan daun yang saya letakkan di atasnya, dan memang terbukti nyata dari dalam bebatuan ini mengeluarkan angin karena daunnya bergoyang-goyang. Jadi kemungkinan ini merupakan gua tempat rahasia yang digunakan untuk bertapa atau ada bangunan semacam candi di dalamnya,"ujar pemilik network tersebut.

"Ini kemungkinan gua, udara yang keluar ini bisa jadi dikarenakan terpaan angin yang menerpa tebing yang berada di sisi gunung sehingga keluarnya berupa pusaran angin. Kalaupun memang lubang ini dari dalam bumi tentunya akan mengeluarkan udara panas, bukan udara dingin.

Jadi saya rasa ini merupakan lubang gua terusan dari lubang-lubang tebing yang berada di sekitar gunung, ujar salah satu tim.

Lebih lanjut tim kemudian memeriksa tebing yang ada di samping situs dan mengatakan, pusaran angin yang keluar memang dari terpaan angin yang menerpa tebing lereng Gunung Gajah Mungkur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata Taman Merapi Garden, Sebuah Taman Bunga Penuh Warna Berlatar Belakang Gunung Merapi

Mengunjungi Wisata Anime di Jepang, Khusus Penggemar "Natsume's Book Of Friends" Wajib Mengujungi

Seluruh Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Utara di Izinkan Buka Saat Nataru 2021